The Hunger Games Trilogy

Kaget , plus-plus ...ampunnn ,, kali ini saya suprised bener dengan the hunger games ini ,, pasalnya setelah melihat trailer film ini di bioskop saat sedang menunggu terputarnya Sherlock Holmes 2 , saya sangat memuja penantian film ini dan yang membuat saya kaget adalah novelnya ...whoaaaa ?!!!
Ampun dehhh..saya koq ketinggalan info banged yah , parahh !!!
karena aktivitas malam di dunia maya , saya terbawa suasana googling dan terbawalah saya pada satu situs yang memberitakan adanya novel the hunger games ini yang dirilis sejak tahun 2008 , bayangkan kawan 2008 ???? hoaahh....itu kan udah lama banged , gilaa dehh..
dan ini yang membuat saya sedikit gila dan gregetan pasca baca situs itu bahwa The hunger games ini berseri ,, ohh...it's kill me !!

Daripada bertele-tele dengan pasca kekagetan saya , sebaiknya saya sedikit membagikan info tentang The Hunger Games ini agar kawan-kawan tidak sekaget saya pas nonton filmnya , pasalnya Film dari novel karangan Suzzane Collins ini akan mengguncang brand  movie tahun 2012 tepatnya pada 23 Maret 2012 mendatang dengan disutradai oleh Gary Ross . Siap-siap berpenasaran ria kawan !! hikhikhik..

JUDUL          : THE HUNGER GAMES

PENULIS   : SUZZANNE COLLINS
SERIES      : THE HUNGER TRILOGY
GENRE       : SCIENCE FICTION / YOUNG ADULT / ADVENTURE /         DYSTOPIAN

PENERBIT           : SCHOLASTIC
TAHUN TERBIT : 14 SEPTEMBER 2008
HLM                      : 374 ( Terjemahannya terdiri dr 408 hlm )


THEMES


The Hunger Games ini dirancang dengan tujuan untuk menghukum distrik-distrik yang pernah memberontak tehadap capitol. Sehingga mereka meminta tumbal 2 anak laki-laki dan perempuan dari tiap distrik untuk menjadi peserta. Secara spesifik, anak berusia 12 tahun hingga 18 tahun maksimal. Tiap tahun masing-masing anak wajib memasukkan nama mereka untuk kemudian di undi. Namun jika kau dari kalangan miskin dan kelaparan seperti Katniss, bisa memasukkan namanya lebih banyak untuk ditukar dengan TESSERA ( Tessera bisa ditukar dengan setahun gandum dan minyak ). Dalam permainan ini, para peserta dipaksa untuk saling membunuh. Hingga tersisa satu orang yang akan bertahan hidup sebagai pemenangnya.

Dalam Hunger Games, tiap tahun disediakan arena pertarungan yang berbeda. Dirancang sedemikian rupa oleh para juri untuk memberikan tantangan dan tontonan yang menarik baik untuk para peserta maupun para penonton. Tentunya dengan teknologi canggih yang bisa diatur dari ruang kontrol. Seperti suhu udara, cuaca , siang dan malam misalnya. Jika suasana terlalau tenang, dalam arti para peserta memilih untuk saling sembunyi, maka juri dapat memaksa mereka keluar dari persembunyian dengan menciptakan kebakaran, badai, hujan buatan dll, sehingga peserta tadi keluar dari zona Nyamannya dan digiring untuk lari menuju peserta lain agar saling bunuh. Tentu, para peserta juga bisa bersekutu untuk membunuh peserta lain yang lebih lemah. Dan nantinya setelah hanya mereka yang tersisa, mereka bisa saling tusuk dari belakang hingga tinggal satu pemenang.



MAIN CHARACTERS


  • KATNIS EVERDEEN ( dalam filmnya diperankan oleh Jeniffer Lawrence )


Katnis Everdeen berumur 16th , seorang protagonis. Tinggal di wilayah distrik 12 yang biasa dikenal , SEAM, yang merupakan daerah termiskin di distriknya. Katnis digambarkan memiliki rambut gelap , dengan mata abu-abu dan juga kulit berminyak. Teman terbaiknya adalah Gale Hawtorne ( yang diperankan oleh Liam Hamsworth ). Mereka seringkali melanggar hukum dengan berburu di sekitar hutan distrik mereka yang merupakan tindakan terlarang tapi mereka tidak pernah tertangkap membunuh. Katnis adalah seorang sukarelawan dalam GAMES yang mana dilakukannya untuk menyelamatkan adiknya yakni PRIMROSE EVERDEEN , Ia merupakan sosok yang mandiri , keras hati dan sangat tertutup dan bisa dibilang agak kejam. Ia akan melakukan apa saja untuk tetap bertahan dalam THE HUNGER GAMES ini , termasuk berpura-pura mencintai PEETA selama Hunger Games berlangsung agar penonton menyukai mereaka dan mau menjadi sponsor mereka. Sponsor disini berarti orang yang nantinya akan mengeluarkan uang untuk memberikan bantuan kepeda mereka di arena ( like as obat-obatan , senjata , dll. Selama Games berlangsung , Katnis dan Peeta berada di bawah bimbingan Haymitch Abernathy. 

  • PEETA MELLARK  ( yang dalam filmya diperankan oleh Josh Hutcherson )
Peeta Mellark berumur sama dengan Katnis yakni 16th. bedanya untuk Peeta dilahirkan dari daerah orang kaya yakni daerah penghasil Roti karena orang tuanya yang bekerja sebagai pembuat roti.


Peeta digambarkan memiliki rambut pirang bergelombang dengan mata biru yang merupakan ciri fisik dari orang-orang kaya pada umumnya di area distrik mereka. Peeta juga memiliki karakter yanng menyenangkan , lucu , dan selalu tahu harus berkata apa. Peeta kebalikan dari Katnis yang dingin. Jika Katnis pandai berburu , maka Peeta suka menghias kue. Semua orang menyukai Peeta. Dari awal Peeta telah menyukai Katnis tapi tidak pernah memiliki kepribadian untuk mengungkapkannya , sampai ketika Peeta menyatakan cintanya pada Katnis dalam wawancara Hunger Games. dan Katnis tahu seluruh hati Panem bersimpati pada kisah cinta mereaka , jadi sebisa mungkin Katnis berperan menjadi kekasih yang baik. Dan Peeta mau melakukan apapun untuk melindungi Katnis agar tidak terbunuh dalam The Hunger Games.

  • HAYMITCH ABERNATHY ( yang dalam filmnya diperankan oleh Woody Harrelson )

Haymitch Abernathy adalah salah satu pemenang dari The Hunger Games yang juga merupakan mentor dari Katnis dan juga Peeta. Haymitch seorang pemabuk berat dan sering tak sadarkan diri , Tapi Dia adalah satu-satunya mentor yang dapat Katnis dan Peeta andalkan untuk tetap bertahan hidup selama permainan berlangsung. Haymitch bekerja di luar arena dengan mencari sponsor buat mereka sebagai bantuan dalam GAMES.


  • GALE HAWTHORNE ( yang dalam filmnya diperankan oleh Liam Hamsworth )

Gale Hawthorne berumur 18th. Dia merupakan teman baik dari Katnis. Mereka bertemu di hutan beberapa tahun dan sejak saat itu keduannya menjadi teman terbaik dan mitra berburu. Penampilan Gale mirip dengan Katnis , seperti halnya orang yang tinggal di area mereka. Gale menjadi kepala keluarga Hawthorne setelah ayahnya tewas bersama dengan ayah Katnis dalam ledakan tambang.  
Keduanya juga sama-sama menjadi tulang punggung keluarga mereka.


PLOT


Katnis tinggal di distrik 12. Distriknya merupakan wilayah termiskin di seluruh negara panem dengan capitol sebagai pusat  kota yang dikelilingi 12 distrik. Negara ini memiliki acara televisi tahunan bernama The Hunger Games untuk menghibur seluruh negeri. Acara ini dirancang oleh capitol sebagai bentuk hukuman karena distrik-distrik lain pernah memberontak terhadap capitol. Hanya saja para pemainnya diambil langsung dari masing-masing distrik tanpa melibatkan capitol. Setiap distrik harus mengirimkan seorang anak perempuan dan laki-laki. Kemudian 24 peserta tersebut harus bertarung dengan membunuh hingga tersisa satu pemenang yang akan bertahan hidup.

Awalnya PRIMROSE adik dari Katnislah yang terpilih tetapi dengan kepolosan dan kelembutan adiknya itu serta jiwanya yang rapuh, Ia tidak yakin adiknya dapat bertahan hidup dalam kerasnya GAMES tersebut, untuk itu Katnis memberanikan diri menjadi sukarelawan demi menggantikan adik kesayangannya PRIM . Sudah bertahun-tahun distrik 12 tempatnya tinggal tidak ada yang berhasil pulang menjadi pemenang. Pemenang disini artinya adalah satu-satu nya anak yang berhasil bertahan hidup dengan membunuh peserta lainnya. Katnis dan Peeta kemudian dibawa oleh CAPITOL bertemu dengan mentor mereka HAYMITCH yang merupakan mantan pemenang The Hunger Games. Haymitch mengajarkan mereka dalam mempelajari teknik-teknik senjata lain. Sampai ketika Peeta yang jatuh cinta dengan Prim tak kuasa memendan cintanya yang tak berujung diungkapkannya hingga Wawancara Games. Katnis berpikir , Peeta memiliki Citra yang kuat dimata penonton untuk itu Katnis berpura-pura mencintai dan menjadi kekasih yang baik di mata Peeta dan juga penonton agar mereka bisa mendapatkan sponsor untuk berbagai upeti , makanan dan juga obat-obatan demi kelangsungan hidup selama GAMES berlangsung. 

Katnis mengandalkan keahlian dan ketrampilannya dalam berburu dan memanah. Setiap hari angka kematian di GAMES ini semakin meningkat. Hingga suatu hari Katnis diperhadapkan oleh RUE , seorang gadis yang seumuran dengan PRIM , adiknya. Tetapi belum sempat bergerak, Peserta lainnya telah menerjang RUE. Katnis ingin menyelamatkannya tapi RUE terlalu sekarat untuk bisa diselamatkan.
Maka, tersisalah mereka yang bertahan dalam HUNGER GAMES ini. Dan siapa sangka di tengah permainan, Peraturan pertama yang dibuat dengan hanya meninggalkan satu pemenang dibalik hingga menjadi 2 pemenang sebagai pasangan. TAPI... apakah peraturan tersebut akan berlaku sampai akhir GAMES nanti ??? PENASARAN ? segera nonton filmnya nantii..hohohoho,,


SALES


Perlu diketahui :
Setelah menulis novel, Collins menandatangani kesepakatan untuk tiga bukunya dengan gramedia pada tahun 2006. Untuk  Buku pertama awalnya hanya mencetak 50.000 pertama, yang kemudian disusul mencetak dua kali untuk 200.000 eksemplar. Dan, pada 11 Februari 2010, The Hunger Games telah terjual sebanyak 800.000 kopi dengan 26 eedisi asing yang mana Hak Novel telah terjual di 38 wilayah dan ada lebih dari 2,9 juta kopi di cetak. Dan untuk serial buku ini berhasil masuk dalam daftar New York Times selama 100 minggu berturut-turut per September 2010. Dan yang mengejutkan ada di pihak Suzzanne Collins yang berbahagia yang menyandang predikat penulis dewasa muda yang Ebookskindle nya terjual hingga lebih dari satu juta. Collins juga berhasil masuk sebagai penulis keenam dan ikut bergabung dengan penulis lainnya dalam " Kindle Million Club " yang mana Ebooksnya terjual lebih dari satu juta copy , dan ini berarti Pihak Amazon siap membayar mereka.




You Might Also Like

0 comments

Makasih ya udah mau comment :) GBU

It's Me...

Foto saya
a girl, staring stright back at me. stand up to hide her heart.

Flickr Images