Catching Fire (The Hunger Games 2)

Belum hilang kekagetan saya akan kemunculan Novel The Hunger Games yang telah mencuat lama tapi ceritanyee baru lyn ketahui dini hari,, OMG...
Udah berterbangan lagi Kalimat The Hunger Games ini di depan mata saya , kali ini dengan cover yang berbeda tapi masih lanjutan cerita perjuangan Katnis dalam The Hunger Games...yakni CATCHING FIRE ..udah penasaran..TARAAAA.......



JUDUL : CATCHING FIRE
PENULIS : SUZZANNE COLLINS


PENERBIT : SCHOLARSHIP
TAHUN TERBIT : 1 SEPTEMBER 2009
HLM : 391 ( untuk terjemahannya terdiri dr 424 hlm )







THEMES


Dalam seri kedua dari trilogy The hunger Games menghadirkan situasi yang berbeda dengan karakter yang sama. Tema penting untuk serial kedua ini adalah Ketergantungan VS Kelaparan. Dimana Katniss dan Peeta masih tetap saling membantu demi kelangsungan hidup mereka. Meskipum mereka berharap , agar peserta lain memiliki semangat hidup lebih dari mereka. Kenyataan lain dari resensi sekuel kedua buku ini adalah Indikator karakter 
yang mati dalam GAMES kali ini kemungkinan meningkat drastis.
Adanya campur tangan dari pemerintahan dan aturan baru dari capitol yang membatasi dan mengontrol hidup warga yang membuat Katniss dan juga Peeta terjebak dalam bahaya yang lebih sekali lagi. Harapan lain dari warga adalah adanya penjaga keamanan yang di tempatkan di berbagai distrik untuk setiap area setelah GAMES berakhir. Dan untuk edisi kedua ini banyak menceritakan akan MORALITAS , KETAATAN , PENGORBANAN , PENEBUSAN , CINTA dan juga HUKUM.


MAIN CHARACTERS

  • KATNISS EVERDEEN
Kali ini Katniss kembali sebagai narator dan pemeran utama dalam sekuel kedua ini dengan tantangan yang baru dan lebih menengangkan. Katniss dipaksa untuk terus menunjukan perasaannya pada Peeta , dan meyakinkan bahwa tindakan putus asa saat GAMES pertama hanya suatu tindakan mindless. Ketika Katniss dipaksa untuk bersaing dalam HUNGER GAMES 75Th , dia memutuskan melakukan segala daya untuk hidup Peeta. Pengabdian Katnis untuk Peeta dibandingkan Gale , meskipun Kate sendiri masih ragu akan keputusannya.

  • PEETA MELLARK
Untuk edisi kedua ini , Peeta sedikit kecewa karena sandiwara jatuh cinta Katnis padanya meskipun Peeta tidak pernah menganggap itu sebagai bahan permainan. Tapi kendati demikian , Peeta tetap menjaga Katnis selama GAMES berlangsung. Dan sedikit berujung tegang ketika akhirnya Peeta merupakan salah satu peserta yang pada akhirnya di tangkap oleh CAPITOL.

  • HAYMITCH ABERNATHY
Katniss dan juga mentor Haymitch adalah anggota dari District 12 yang tersisa dalam HUNGER GAMES tersebut. Meskipun Haymitch dikenal dengan pemabuk kota tapi Katnis perlahan-lahan mulai mengerti bagaimana rasanya dipaksa untuk bersaing , untuk itu Mentor Haymitch mulai mempenngaruhi dirinya.

  • GALE HAWTHORNE
Gale adalah seorang teman terbaik Katnis di district 12 yang bekerja di tambang batu bara dan bekerja secara ilegal. Katnis perlahan-lahan mulai memandangnya sebagai bunga cinta daripada seorang teman  sejak Gale menciumnya di Hutan.

  • PRESIDEN SNOW ( Presiden Panem )
Presiden Snow pertama kalinya bertatap muka dengan Katnis pada GAMES penangkapan Api. Katnis menggambarkannya dengan bibir bengkak agar terpandang di Capitol yang kemungkinan adalah hasil operasi , dan juga memiliki sepasang mata yang serupa mata ular.

  • FINNICK ODAIR
Finnick Odair digambarkan sebagai seorang pria tampan dari district 4. Finnick memenagkan GAMES sebelumnya yakni 10 tahun yang lalu dengan Trisula dari para peserta lainnya ( perdagangan district 4 adalah memancing ). Atas desakan Haymitch untuk menjadikan Fiinick sebagai partner , Katnis sebenarnya ragu-ragu untuk membuat Finnick menjadi sekutunya tapi Finnick meyakinkan Katnis bahwa Ia berharga dan bisa dipercaya.

  • CHINNA
Chinna adalah penata kepercayaan Katniss, Ia mengorbankan gaun pengantinnya untuk dirubah menjadi pakaian mockingjay. Tepat sebelum permainan berlangsung , Chinna di tangkap oleh otoritas Capitol dan dipukuli sampai pingsan dan Katniss dipaksa untuk menontonnya.


PLOT

Setelah berjuang untuk serial pertama , Katniss Everdeen dan Peeta Mellark pulang kembali ke district 12, sektor termiskin di negara fiksi panem. Pada hari itu Katnis dan Peeta memulai "Tur Kemenangan" mereka ke seluruh district di kota panem. Sebelumnya, Mereka dikunjungi oleh presiden Snow. Presiden Snow menjelaskan secara terang-terangan bahwa Ia marah pada Katniss karena mengancam pihak Capitol dengan aksi bunuh diri dengan Peeta pada akhir GAMES yang mengizinkan mereka berdua untuk menang. Presiden mengatakan kepada Katniss bahwa saat Ia menantang Capitol , Hal itu menimbulkan pemberontakan di district-district. Dan yang mengejutkan bahwa Secara langsung Presiden mengancam Katniss bahwa Ia akan membunuh GALE jika dia tidak bisa membuktikan pada semua orang di Panem bahwa tindakan atas aksi bunuh diri itu bukanlah salah satu daari tantangan tetapi itu merupakan suatu bentuk tindakan sebagai penunjukan rasa cintanya terhadap Peeta.

Pernyataan atas kemenangannya di tujukan langsung untuk area district 11 , yang tidak lain adalah area tempat dimana RUE dulu tinggal. Dalam pernyataan singkat tersebut , Katnis menyampaikan pidatonya secara cepat dan berterima kasih atas sponsor mereka pada saat GAMES berlangsung. Ketika selesai berpidato, Seorang pria berpeluit mengelukan sebuah lagu dengan peluitnya , lagu tersebut adalah lagu yang sama digunakan saat Arena RUE dan menandakan bahwa Katniss aman. Lagu bertindak sebagai sinyal dan semua orang salut pada Katniss dalam menggunakan gerakan yang sama saat mengucapkan perpisahannya pada RUE. Sesaat itu , Katniss dibawah pergi tapi sebelum itu Ia melihat pasukan penjaga perdamaian menembak kepala pria bersiul tadi. Katniss dan Peeta kemudian melanjutkan perjalanannya ke semua district kabupaten dan juga capitol. Selama wawancara, Peeta mengusulkan Katniss untuk berbicara pada publish untuk menyelesaikan sengketanya dengan Presiden Snow.  Meskipun begitu , Katnis tahu betul bahwa upaya mereka untuk menundukan pemberontakan di daerah telah gagal. Tak lama setelah kembali ke district 12 , Katnis bertemu dengan dua pelarian dari district 8. Mereka menjelaskan pada Katniss sebuah tori yang mana kenyataan bahwa district 13 tidak dihapus oleh Capitol, pkarena penduduknya menetap di bawah tanah . Dan faktanya , untuk The HUnger Games 74th , 24 pemenang dari tahun-tahun sebelumnya akan dipaksa untuk bersaing sekali lagi, dan hal ini dilakukan untuk mengghormati " QUARTER QUELL ". Mengetahui bahwa Ia dan Peeta akan bersaing untuk kedua kalinya, Katnis memutuskan bahwa Ia akan mengabdikan dirinya untuk melindungi Peeta selama GAMES. ( ohh so sweat ) ihihihihi. meskipun saya sedikit cemburu..HAA ?!!. 
Kali ini Katniss dan Peeta bergabung dengan dua pemenang lain yang sebelumnya yakni Finnick Odair yang berusia 24 tahun dan berhsil selamat pada GAMES di usianya yang baru 14 tahun saat itu , dan MAGS berusia 80 tahun yakni mentor dari Finnick , seorang baik dari district 4. 
Tapi sayang Mags mati dalam pertempuran awal dan setelah meninggalnya Mags. Katniss , Peeta dan juga Finnick bergabung dengan JOHANNA MASON , seorang pemenang dari district 7 yang dikenal lebih sarkastik dan sering kejam , juga BEETEE dan WIRESS , pasangan yang digambarkan lebih tua dari district 3 yang terkenal akan kepintarannya, dan Ia membuktikan kejeniusannya dengan mengungkapkan kepada Katniss bahwa arena diatur seperti sebuah jam , dengan semua bencana di arena yang diatur atas dasar grafik waktunya. Kali ini, Katniss kehilangan orang yang berharga yakni Wiress. Setelah kepergian Wiress , Katniss belajar dari rencana Beetee untuk memanfaatkan petir untuk menyetrum dua pesaing lainnya. 
Dan, dalam bab-bab terakhir , Katniss mengarahkan petir pada medan gaya arena , sehingga arena hancur dan mengakibatkan kelumpuhan sementara. Ketika Katniss bangun, Ia baru sadar di angkut ke district 13 :sebuah tempat yang secara luas tidak ada lagi. Dan kemudian bergabung dengan Finnick , Beetee , Gale dan Haymitch. Pelajaran yang diambil ketika sekutunya Peeta , Johanna dan juga Enobaria  terpaksa ditangkap oleh Capitol. Katnis diberitahu bahwa ada rencana di antara sebagian besar peserta untuk keluar dari arena dan Beetee yang telah berusaha untuk menghancurkn medan gaya dengan cara yang sama dengan Katniss. 
Buku ini di akhiri dengan pemberitahuan dari GALE bahwa meskipun Mereka telah keluar , tapi districk 12 telah di bom dan di hancurkan.


  • QUARTER QUELL
Quarter Quell merupakan versi HUNGER GAMES yang dimuliakan untuk menyegarkan ingatan akan mereka yang terbunuh akibat pemberontakan district-district. Maka setiap 25 tahun sekali dirayakan QUARTER QUELL ini. Karena sifatnya yang istimewa, maka pesertanya digandakan menjadi 48 peserta yang semunya hanya 24. Empat anak dari tiap districk,, masing-masing dua anak perempuan dan juga laki-laki. Namun, Presiden Snow yang ingin balas dendam pada Katniss sengaja membuat Quarter Quell ini sedikit berbeda  dengan memutuskan untuk mengambil peserta dari pemenang Hunger Games sebelumnya.



Little Note : Cerita ini cukup membuat saya puas akan percintaan Katniss dan juga Peeta , meskipun saya agak sedikit tidak rela juga Josh Hutcherson bersama Jennifer, hhahahha....
But , Overall , it's amazingg....meskipun mau tidak mau saya kembali berujung kecewa, dengan ujung ceritanya yang menggantung sangadd....
Berharap Filmnya segera dirilis setelah The Hunger Games ini, hohohohoo,,
Kalau perlu saya akan melakukan meditasi, agar doa saya full terkabul,, wakakakakak





You Might Also Like

0 comments

Makasih ya udah mau comment :) GBU

It's Me...

Foto saya
a girl, staring stright back at me. stand up to hide her heart.

Flickr Images