MockingJay (The Hunger Games 3)

Terima kasih Tuhann...Saya tidak mengalami serangan jantung yang ketiga atas kekagetan saya yang sebelum-sebelumnya. Dengan ini saya menyatakan bahwa kecintaan saya akan serial ini sedikit memanas dan menegangkan. Karena inilah serial akhir dari THE HUNGER GAMES TRILOGY ...
sleppp..slepppp...slepppp....berusaha nyesott untuk tetap mengetik meskipun dalam keadaan setengah sadar, maklum dedikasi saya pada blog ini memuncak awal 2012 ini..hahhahaha ( sedikit curhat ), yah gpp kan..toh ini blog saya..yah semau saya..soo,, dilarang protess !! baiklah , berhubung saya sudah agak sedikit teler...dan mengantisipasi teler-teleran dalam waktu yang dekat , langsung saja saya bercerita akan sedikit informasi yang saya peroleh dari goofy googling saya,, Hooammmm..tuh ..nah looh...
ayoo..ayoo...yang menjauh , segera merapatt..yang merapat mari berdempetann..ohokk !! (-_-"!)7

Capekkk saya berceritaa..ini susahnya kalo Tuhan terlalu memberikan saya banyak ide untuk bercerita, gag ada habis-habisnya saya bercelotehh....ckckckckck,,,,
Daripada semakin menampakan keteleran saya , sebaiknya sekarang saya FOKUSS menulis..
Mari monggoo....


JUDUL : MOCKING JAY
PENULIS : SUZZANNE COLLINS


PENERBIT : SCOLARSHIP
TAHUN TERBIT : 24 AGUSTUS 2010
HLM : 390 ( untuk terjemahannya terdiri dr 455 hlm )







THEMES 

Dalam banyak bukunya yang juga di eksplorasi dalam mockingjay ini. Tema dari seri kali ini adalah KESULITAN FISIK , LOYALITAS dalam keadaan ekstrim dan juga melintasi DATARAN MORAL yang ambigu yang dilanjutkan pada skala yang lebih besar.  Pada serial kedua kali ini, Katnis harus berurusan dengan pengkhianatan dan kekerasan terhadap orang. Pada saat yang sama, sementara Ia secara simbolis menyentuh ribuan nyawa , yang secara langsung Ia juga dituntut menjadi pemimpin dan membawa orang-orang kedalam perang.
Dan, akhirnya Katniss pun menyadari bahwa Ia bahkan tidak mempercayai Presiden Coin lagi , yakni pemimpin district 13. 
Dalam sebuah wawancara . Suzanne Collins , penulis serial trilogy ini mencatat isu-isu seperti kemiskinan yang parah, kelaparan , penindasan , dan efek dari perang . Dan Collins hanya menjawab bahwa Ini adalah inspirasi dari ayahnya , yang ketika akan pergi berperang di Vietnam , Ayahnya memastikan bahwa anak-anaknya memahami konekuensi dan dampak peperanngan.


THE MOCKINGJAY

Katniss yang telah selamat dua kali dalam The Hunger Games dan yang tanpa sengaja mempopulerkan pin MockingJay diminta untuk menjadi simbol pemberontakan. MOCKINGJAY adalah campuran dari burung JABBERJAY dan MOCKINGBIRD. Alkisah, Capitol menciptakan MUTT yang berupa burung JabberJay yang bisa menirukan suara manusia semirip mungkin dengan aslinya. Setelah pemberontakan usai, burung JabberJay ini dibuang ke alam liar supaya punah. Namun karena insting survivalnya tinggi, burung JabberJay ini akhirnya kawin silang dengan MockingBird sehingga muncullah spesies baru yang bernama MockingJay. Bisa dikatakan, kalu ini diluar ekspektasi capitol sehingga kejadian ini menampar mereka.
Seperti JabberJay , burung ini memiliki kemampuan untuk menirukan suara, hanya saja mereka mau menirukan lagu yang dinyanyikan oleh jenis suara tertentu, seperti suara Katniss,misalnya. Lalu menyebarkan lagu tersebut kepada MockingJay yang lain sampai seluruh MockingJay dalam kkomunitas tersebut tahu lagu itu.  Kabarnya burung ini sekeras batu dan mampu hidup di lingkungan apapun. Burung MockingJay adalah lambang pemberontakan.Penyebabnya sepele, karena capitol tidak mampu membunuh burung ini dan malah menciptakan spesies baru di luar kontrol mereka.



PLOT

Setelah diselamatkan oleh pemberontak dari district 13 , Katnis yakin untuk menjadi "MockingJay" yang berati simbol pemberontakan terhadap keputusan Capitol. Sebagai bagian dari kesepakatan , Ia menuntut bahwa pemimpin district 13 , Presiden Coin untuk memberikan kekebalan pada semua pemenang HUNGER GAMES. Katniss juga menuntut untuk membunuh Presiden Snow sendiri. 
Dalam sebuah penyelamatan , Peeta dan lainnya yang ditangkap kemudian diselamatkan dari tangan Capitol. Namun, Peeta telah dicuci otaknya terhadap Katniss dan percaya bahwa Katniss adalah musuh dan mencoba untuk membunuhnya pada reuni mereka nantinya di district 13.

Para pemberontak termasuk Katniss mengambil alih districtnya dan memulai serangn terhaddap Capitol itu sendiri. Namun serangan akan lingkunan Capitol yang aman beres sehingga Katniss dan timnya melarikan diri jauh ke Capitol dengan maksud untuk menemukan dan membunuh Presiden Snow. Banyak anggota tim Katniss yang tewas termasuk Finnick Odair. Akhirnya, Katnis ditinggal sendiri dan tetap bersikukuh untuk menujuh rumah Presiden Snow, yang diduga telah dibuka untuk anak-anak peanmpungan Capitol ( tetapi sebenarnya dimaksudkan untuk memberikan temeng bagi Presiden Snow, husshh..liciknya). Setelah itu, bom di tempatkan di paket pasokan yang membunuh banyak anak-anak dan tim medis pemberontak, termasuk adik Katniss, PRIM. kematian Prim membuat bekas luka psikologis Katniss ke titik ketidakstabilan yang besar.
Dan Presiden Snow berkelik atas tuduhan bersalah yang diajukan untuknya, Tetapi Ia mengatakan pada Katniss bahwa yang menewaskan Prim bukanlah dirinya tetapi hal itu atas perintah Presiden Coin, bukan Capitol. Dan Katnis sedikit ragu, dan jika apa yang dikatakan Presiden Snow benar , pengeboman mungkin adalah hasil rencana yang dikembangkan oleh temannya, GALE. Katniss menyadari bahwa dia tiak akan pernah bisa melihat Gale lagi dengan cara yang sama, terlepas apakah Gale adda sangkut pautnya dengan kematian PRIM.
Katniss ingat akan percakapannya dengan Presiden Snow, bahwa mereka berjanji untuk tidak saling membohongi. Ketika Katniss yang seharusnya membunuh P.Snow tapi karena kesadaran bahwa P.Snow menngatakn yang sebenarnya maka Ia membunuh P.Coin sebagai gantinya. 
Huru-Hara terjadi, akibat ditemukannya jasad P.Snow yang diperkirakan tewas akibat tersedak arahnya sendiri yang telah di injak-injak oleh kerumunan orang. 
Akhirnya Katniss dibebaskan karena kegilaan yang jelas dan kembali ke rumahnya yakni district 12 bersama dengan orang lain yang berusaha untuk membangunkannya kembali. Peeta pun demikian , kembali segera setelah pulih dari cuci otaknya. 
Cerita ini ditutup oleh Katniss yang mendiuga bahwa jatuh cinta dengan Peeta tak terelakkan, karena dia selalu mewakili janjinya akan masa depan yang lebih baik., bukan kehancuran asosiasi seperti GALE. Katniss mengatakan bahwa Ia tidak perlu api Gale , karena Ia sudah memilikinya sendiri, dan Ia membutuhkan Peeta yang melambangkan harapan yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup. Bersama dengan Haymitch mereka menciptakan sebuah buku yang penuh dengan upeti sebelum mereka meninggal dalam perang yang nantinya mereka tidak akan dilupakan. 

Bonus Kecil dari Katniss dimana dalam epilog, katnis berbicara sebagai orang dewasa, 15 tahun kemudian Katnis menikah dengan Peeta dan mereka memiliki dua anak bersama-sama. serial Hunger Games ini diwarnai dengan keterlibatan anak-anak mereka ddalam mempelajari rincian Games dan Juga perang orang tua mereka. Kilas balik pengalaman Peeta dan juga Katniss pada Games yakni ketika Katniss merasa tertekan , Katnis memainkan "permainan" untuk menghibur diri tapi berulang Ia mengingatkan dirinya sendiri bahwa setiap hal yang baik pernah Ia lihat dari orang lain yang melakukannya. 





Little Note : HOaammm..akhirnya serial ini selsaii jugaa....dan saya bisa menikmati surga empukk kasur saya ( berdusta ) haahaha..yaa..terserahlahh...yanng terpenting ,, serial ini  selesai untuk di review saatnya saya rehat untuk sementara. Sebenarnya saya mau teler-teler-an dengan buku-buku yang seabrekk...soalnee mau Prepare Finall....ayoo..ayoo...

You Might Also Like

1 comments

Makasih ya udah mau comment :) GBU

It's Me...

Foto saya
a girl, staring stright back at me. stand up to hide her heart.

Flickr Images