Be A Miss Pikun ? OMG

masih muda tapi sering lupa sesuatu ? bahaya banged deh..kata Dr.Peter Rendell dari university of new south wales , sydney , Australia , jika kita sejak dini sudah sering menjadi pelupa maka kita akan cepat mengalami kepikunan , yah..bisa lyn katakan akan cepat terserang syndrom kepikunan dini .

Dan Ternyata menurut para ahli, banyak dari kebiasaan kita yang memicu adanya pikun dini tersebut yang bisa menurunkan daya ingat , memori otak yang lemah dan daya tangkap yang semakin buruk. Nah Loh ? Selidiki dari sekarang kebiasaan kamu dari 7 hal di bawah ini yang bisa buat daya ingat kamu melemah :

  • Makan Terlalu Banyak
Opss..ternyata makan terlalu banyak , merupakan salah satu faktor yang bisa buat daya ingat kita menjadi lemah , wah..wah.., jika kita terlalu banyak makan , apalagi yang kadar lemaknya tinggi , dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembulu darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. Untuk itu teman-teman harus mengatur pola makan agar tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. 

  • Merokok
Nah , ini ni salah satu kebiasaan buruk yang sebenarnya kita sudah tahu bersama akibat-akibat yang timbul jika sering merokok , tapi ternyata merokok juga dapat menyebabkan pikun. Teorinya : Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat , serta dapat menngakibatkan penyakit Alzheimer. OMG..gimana nasib kami para perokok pasif yah ? astagaa...

  • Mengkonsumsi Gula Terlalu Banyak
penggemar gula yang terlalu banyak ? hentikan kebiasaan anda dari sekarang , karena mengkonsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi. Sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak kita. Selain dapat mengakibatkan kepikunan , kita kan mudah terserang diabetes juga dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan konsumsi gula terlalu banyak.

  • Kurang Tidur
Anda salah satu orang yang sering begadang ? Jika tidak terlalu penting , sebaiknya minimalkan kebiasaan ini , karena kurangnya waktu istrahat terlebih pada malam hari dapat mempercepat kerusakan sel-sel pada otak yang akibatnya saraf-saraf otak yang tadinya berfungsi normal dalam hal berpikir ataupun mengingat jadi hang atau rusak.

  • Kurang Menstimulasi Pikiran
Kata orang jangan banyak-banyak berpikir nanti bisa stress , hahaha..nah loh ? apa yang dikatakn para ahli justru berbanding terbalik loh..konon katanya berpikir adalah cara paling tepat dalam melatih otak kita. karena, kurangnya stimulasi pada otak dapat mengakibatkan mengkerutnya otak. Jadi , berpikirlah jika memang kamu harus berpikir yang penting pikirnya jangan yang ke arah negatif . Bermain game dan membaca novel , komik atupun yang berbaur arah yang positif itu juga merupakan cara yang objektif dalam melatih otak kita.

  • Jarang Berkomunikasi
Terlalu cerewet seperti saya juga seh gag baik , hehe..tapi biasakan diri anda untuk berkomunikasi sesering mungkin karena komunikasi diiperlukan sebagai sarana untuk memacu kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak dan jika kita jarang berkomunikasi maka kemampuan itelektual otak akan melemah. Untuk itu yang terlalu menjunjung " diam adalah emas " sebaiknya penggunaanya dikurangi.

  • Memikirkan Banyak Hal Saat Sakit
Orang yang memiliki kebiasaan ini pasti memiliki sifat yang keras kepala. Bagaimana tidak kalau udah tahu sakit masih az dipakasa untuk berpikir. Ckckckcck..kasihan donk otaknya , jika kita bekerja terlalu keras atau memaksakan pikiran saat sedang sakit bisa menyebabkan berkurangnya efektivitas pada otak yang lama-lama dapat merusak otak.

Udah tahu kebiasaan kamu yang kamu pikir baik ternyata dapat merusak otak?? Ubah dari sekarang jika memang kamu peduli akan kesehatan otak kamu. Ingat !! Lebih baik mencegah daripada kena pikun dini




You Might Also Like

0 comments

Makasih ya udah mau comment :) GBU

It's Me...

Foto saya
a girl, staring stright back at me. stand up to hide her heart.

Flickr Images