Gaya Blogger Dalam Menyuarakan Konservasi Air

Lokasi : Air Jatuh , Bau-Bau, Sultra
Air..Air..Air..,, mungkin hampir semua orang sudah bosan dengar kata ini ? jangan bosan-bosan , air itu salah satu sumber kehidupan juga , yah kalo masuk on the spot dalam kategori 7 hal yang menjadi sumber kehidupan manusia , Air pasti masuk juara kedua setelah Udara yang menjadi unsur oksigen sebagai nafas manusia. Jadi, kesimpulalnnya meskipun kita dipenuhi berjuta-juta oksigen dalam kehidupan kita , kalo gak ada air gimana? bisa is died juga kan ? nah , untuk itu dalam ulasan topik kali ini, saya akan berbagi sedikit ilmu yang mungkin saja bermanfaat .

WATER ? Apa tuh ? Penting Gag ?
Water merupakan sejenis makanan ringan ? bukan donk..,, WATER = AIR , setelah melakukan semedi dengan buku-buku yang terkait sampe harus jungkir balik , akhirnya dapat juga definisi tentang air , ini dia " Air adalah senyawa penting bagi kehidupan manusia di bumi sampai saat ini " sekarang sudah jelas , seperti yang saya katakan sebelumnya air itu sangat penting , air punya kekuatan yang luar biasa bagi kelangsungan hidup manusia. Bayangkan saja di dalam tubuh kita ini 80% nya adalah air , tidak heran kalau kita dianjurkan untuk minum air 8x sehari agar kita tidak dehidrasi atau kekurangan air , ingat iklan AQUA kan ? It's in me yang berarti kita adalah air. Satu lagi yang perlu kita ketahui, di bumi kita ini juga hampir 71% di selimuti oleh air loh ! hebatnya ! tertarik dengan air ? mari lihat kekuatan-kekuatan air.

The Power Of Water

seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa air punya kekuatan luar biasa dalam kehidupan manusia , apa saja kah itu ?
Kita bisa Perhatikan Gambar Ini !
Banjir
Tsunami

Tanah Longsor
gambar ini adalah hasil perbuatan Air , unsur  H2O ini memiliki kekuatan yang bisa menghancurkan bumi kita tercinta dalam sekejap saja. Banjir yang paling sering kita dengar melalui media massa , baik media elektronik maupun media cetak, semuanya adalah perbuatan air. Begitupun dengan tsunami dan tanah longsor yang merupakan bencana yang disebabkan oleh senyawa kecil bernama air. Air ini kecil-kecil cabe rawit juga. Ini semua dikarenakan kita juga yang terlalu menyepelekan kekuatan air, akibatnya yah terjadilah bencana banjir , tsunami dan juga tanah longsor.

Peduli Kita Akan Sumber Daya  Air dengan Konservasi

 Apa seh artinya konservasi ? konservasi adalah upaya pelestarian dan perlindungan dan pemanfaatan sumber daya alam secara seimbang. Maksudnya, kita harus menyesuaikan kebutuhan kita dengan ketersediaan air yang kita punya bukannya malah membuang-buang air padahal persediaan air kita tidak mencukupi. Jika kita tidak memperhatikan pemanfaatannya secara benar maka timbullah bencana-bencana seperti pada gambar di atas. Untuk mencegah terjadinya bencana-bencana alam tersebut , kita dapat melakukan konservasi bagi sumber daya air , seperti tercantum dalam undang-undang nomor 7  tahun 2004 tentang sumber daya air yaitu :
1. Perlindungan dan pelestarian sumber air , 
  • Lestarikan alam sekitar. dengan merehabilitasi hutan yang berada di sekitar.
  • Jika ingin menggali ataupun membor tanah , lakukanlah dengan benar agar tidak merusak sumber air yang tersedia.
  • siap sedia sarana prasarana untuk menghindari pencemaran air.
  • Memelihara tempat yang menjadi pusat sumber air .

2. Pengawetan Air
  • Menyimpan air hujan yang nantinya sewaktu-waktu bisa di gunakan.
  • menghemat air dengan pemakaian yang efisien dan efektif agar air tidak adanya kekurangan air atau pemakaian yang berlebihan.
  • Gunakanlah sumber air di dalam tanah secara baik dan benar.
3. Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air
  • Menyimpan air pada wadah yang bersih, 
  • membuang limbah pada lokasi yang telah ditentukan
  • Melihat secara benar kualitas air bersih yang tersedia.
Dari hal-hal di atas kita dapat menyimpulkan bahwa seberapa besar peran air dalam kehidupan kita. Kita yang terbuat dari air harus benar-benar peduli akan sumber daya air. Untuk itu, marilah kita menjaga kebersihan air mulai dari sekarang . UNTUK KITA, UNTUK KITA BERSAMA !

BE A BLOGGER TO WRITE , BE A KEEPER OF WATER TO HEALTH





Pst : Awalnya postingan ini mau diikut sertakan pada blog competition tapi berhubung banyaknya kendala dalam menyusun postingan dan adanya halangan waktu maka di batalkan , tapi lyn tetap posting dan semoga bermanfaat :))

You Might Also Like

0 comments

Makasih ya udah mau comment :) GBU

It's Me...

Foto saya
a girl, staring stright back at me. stand up to hide her heart.

Flickr Images